More than Just Nation and Character Building
September 3rd, 2014 at 12:36 pm
Posted by Mohammad Adib in Education of Pancasila and Civics

Oleh: Vebry Rayan Arizky, Administrasi Negara 2014. “…….Sungguh pengalaman yang luar biasa yang diberikan beliau kepada saya.  Beliau mengajarkan kepada saya untuk lebih berprestasi, bersemangat, dan senantiasa mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Beliau mengajarkan kepada kita semua mahasiswa baru mengenai karakter yang harus ditanamkan dalam kehidupan berbangsa dan kedisiplinan di Perguruan tinggi negeri. Universitas Airlangga mempunyai motto yang berbunyi ‘’ Excellence With Morality ‘’ untuk menjadi pribadi yang excellence yang artinya adalah Unggul dan morality yang memiliki arti bermoral harus menanamkan rasa berkaratker  tinggi dan menjunjung kedisiplinan kita dalam mewujudkan itu semua. Karena semua yang tidal memiliki rasa berkarakter dan disiplin niscaya itu semua akan sia sia.” “……Semoga kita sebagai mahasiswa Universitas Airlangga senantiasa menjiwai yang dinamakan dengan ‘’ Excellence With Morality “ dan sebagai mahasiswa administrasi Negara yang “Cerdas,Bermoral,Mulia” kita bangun “Indonesia Harus Lebih Baik”. Sungguh semboyan itu akan selalu saya tanamkan seperti halnya semboyan itu diberikan Bapak Drs.H.Mohammad Adib,MA yang beliau ciptakan untuk menggugah rasa cinta dan semangat kita dalam berprestasi untuk memajukan bangsa Negara kita…” Hari ini tepat tanggal 01 september 2014 aku mengawali aktivitas perdanaku duduk di bangku perkuliahan. Alhamdulilah dengan mengucapkan banyak syukur kehadirat Allah yang maha Kuasa. Aku akhirnya bisa masuk ke Universitas Airlangga. Universitas yang mampu menjadi universitas kebanggaan di Indonesia bahkan dunia.  Di hari pertama saya kuliah saya menerima banyak arahan dan motivasi dari Bapak Drs.H.Mohammad Adib,MA  di ruang  Moh Hatta Universitas Airlangga Pinlab kampus B. Beliau memberikan mata kuliah wajib Pendidikan Kewarganegaraan.

Sungguh pengalaman yang luar biasa yang diberikan beliau kepada saya.  Beliau mengajarkan kepada saya untuk lebih berprestasi , bersemangat , dan senantiasa mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Beliau mengajarkan kepada kita semua mahasiswa baru mengenai karakter yang harus ditanamkan dalam kehidupan berbangsa dan kedisiplinan di Perguruan tinggi negeri. Universitas Airlangga mempunyai motto yang berbunyi ‘’ Excellence With Morality ‘’ untuk menjadi pribadi yang excellence yang artinya adalah Unggul dan morality yang memiliki arti bermoral harus menanamkan rasa berkaratker  tinggi dan menjunjung kedisiplinan kita dalam mewujudkan itu semua. Karena semua yang tidal memiliki rasa berkarakter dan disiplin niscaya itu semua akan sia sia.

Untuk berhasil menggapai semua yang kita cita citakan karakter kebangsaan sangat penting kita junjung  tinggi sebagai mahasiswa yang beratitude tinggi. Bapak Drs.H.Mohammad Adib,MA  juga memberikan motto mengenai Indonesia yang berbunyi ‘’ Indonesia harus lebih baik’’ dari kata kata itu saya termotivasi untuk bisa menjadikan Indonesia lebih baik dari Indonesia yang sebelumnya yang mungkin memerlukan banyak perubahan agar menjadi Negara yang kebih baik. Tentunya sekali lagi untuk menjadi bangsa Indonesia yang lebih baik karakter kita junjung tinggi tidak bisa hanya dengan melakukan sebuah akivitas semata namun tidak diimbangi dengan kehidupan berkarakter yang baik . Tidak hanya karakter yang harus dijunjung tinggi kehidupan kita namun  disiplin harus diutamakan jangan jadikan disiplin sebagai hiasan semata namun jadikan disiplin sebagai perilaku yang bisa melengkapi menumbuhkan rasa berkarakter karena dengan hidup yang disiplin kita bisa hidup yang lebih tertib, tersusun dan tidak pernah menunda sebuah pekerjaan. Dengan adanya kehidupan yang berkaraker kebangsaan dan kedisiplinan yang dijunjung tinggi bukan tidak mungkin Indonesia yang lebih baik bukan hanya agan semata.

Tidak hanya itu saja bapak M.adib juga memberikan motto yang sungguh membuat hati saya bergejolak beliau memberikan moto kepada kami mahasiswa administrasi Negara dengan motto yang berbunyi ‘’ mahasiswa administrasi Negara: Cerdas bermoral mulia “. Sungguh motto itu sangat membuat kami menjadi insan yang harus bertanggung jawab dengan disematkannya motto seperti itu.  Kita tidak hanya bisa cerdas namun kita harus memiliki moral yang mulia karena itu adalah cerminan dari karakter bangsa Indonesia yang berbudi luhur. Sunguh pendidikan karakter kebangsaan sangatlah bermanfaat dimanapun kita berada .

Di dunia perkuliahan tepatnya di Perguruan Tinggi negeri pendidikan karakter berbangsa yang baik harus senantiasa diterapkan supaya mampu menciptakan insan seorang mahasiswa yang memiliki karakter hebat dan tentunya juga berprestasi dalam segala bidang akademik maupun non akademik. Karena perguruan tempat kita mengabdi dan mendapatkan budaya yang pusaka adalah universitas airlangga yang memiliki motto ‘’Excellence with morality’’ .

Sifat karekter disiplin di Perguruan Tinggi harus diutanamkan dengan baik karena kedisiplinan adalah awal dari kunci menuju sebuah kesuksesan yang kita inginkan. Dengan disiplin kita mampu memimpin diri kita untuk selalu mengerjakan dan bertindak sesuai kaidah yang diajarkan di tatanan masyarakat terutama masyarakay kampus. Disiplin menjadi pondasi yang kokoh bagi setiap mahasiswa karena dengan disiplin hidup seorang mahasiswa akan lebih tersusun rapi dan tentunya niscaya prestasi yang kita cita citakan selalu tercapai.

Sebagai mahasiswa harus senantiasa memiliki rasa kebangsaan yang tinggi dan jiwa kedisiplinan yang kuat dalam hidupnya. Karena seorang mahasiswa akan menjadi tongak estafet selanjutnya bagi keberadaan bangsa Indonesia ini. Mahasiswa merupakan oramg yang berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa, untuk itu dengan rasa karakter kebangsaan yang kuat dan jiwa yang disiplin tetaplah semangat dalam menuntun ilmu. Karena dengan begitu kita akan dapat bersaing dengan bangsa bangsa lain dan memajukan bangsa kita sendiri di mata dunia.

Semoga kita sebagai mahasiswa Universitas Airlangga senantiasa menjiwai yang dinamakan dengan ‘’ Excellence With Morality “ dan sebagai mahasiswa administrasi Negara yang “Cerdas,Bermoral,Mulia” kita bangun “Indonesia Harus Lebih Baik”. Sungguh semboyan itu akan selalu saya tanamkan seperti halnya semboyan itu diberikan Bapak Drs.H.Mohammad Adib,MA yang beliau ciptakan untuk menggugah rasa cinta dan semangat kita dalam berprestasi untuk memajukan bangsa Negara kita.***


No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment