More than Just Nation and Character Building
June 9th, 2014 at 10:10 am
Posted by Mohammad Adib in Etnografi Bangsa-Bangsa

Amerika Utara EBB FISIP UA.pngOleh Kel 2A : Nadya Eva Firdhani (071211233031), Azzahro Amalia (071311733071), Herdin Edo Giovanni (071311733050), Putri Sayuwiwid (071311733002), Hendra Hadi Karunia (071211731011). DEPARTEMEN ANTROPOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. “…..Tak terasa waktu pun sudah menunjukkan pukl 09.30, saatnya kita mengakhiri kuliah Etnografi Bangsa-Bangsa. Pak Adib pun menutup kuliah kali ini dengan do’a dan beliau mengajak kami untuk bernyanyi Hymne Airlangga. Kami pun ikut menyanyikan dengan hikmat. Semoga apa yang kita dapat pada kuliah kali ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kita….”

Tak terasa kali ini bertemu kembali pada mata kuliah Etnografi Bangsa-Bangsa. Tepatnya di hari Kamis 5 Juni 2014 pukul 07.15 di Ruang A307. Kali itu adalah kamis pertama di bulan Juni, dan sangat bangga sekali kali ini kami mahasiswa mahasiswi HI dan Antropologi kembali dibimbing oleh dosen excellent kita yaitu Pak Adib. Seperti biasa beliau selalu memberikan energi positif dari pertama memulai kuliah hingga kuliah berakhir. Salam dan sapaan selalu beliau curahkan pada kami, dan ditambah dengan do’a agar kuliah dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat.

Seperti biasa, tiap pertemuan kuliah ada dua kelompok yang akan membahas materi presentasi. Kali ini giliran kelompok  10A dan 10B yang akan membahas tentang Amerika Utara. Sungguh sangat menarik sekali topik yang akan dibahas kali ini. Dan Pak Adib berkata bahwa orang-orang yang Excellent itu salah satu ciri-ciri nya yaitu selalu “ingin tahu”. Nahh, dari hal tersebut akan bisa kita lihat ketika ada teman-temang yang bertanya.

Amerika Utara ini letak Astronomis nya adalah 59° LS-72° LU dan 36° BB-163° BT. Negara yang ada di Amerika Utara ini adalah Canada, Amerika Serikat dan Meksiko. Amerika Utara ini memiliki iklim tropis, sub-tropis, dan dingin. Ditinjau dari segi budaya nya, Amerika Utara ini terdapat beragam kebudayaan yang masih ada dan sangat menarik untuk kita pelajari. Nah contoh suku yang ada di Amerika Utara adalah Suku Indian, Suku Cherokke, dan Suku Eskimo.

Suku Indian ini berada di wilayah Meksiko menempati kondisi alam yang terdiri dari jajaran pegunungan. Kerajaan Indian yang cukup besar dan maju, yakni Maya dan Aztek.Maya yang memiliki tingkat kebudayaan yang tinggi dengan catatan arsitektur paling beraneka ragam dan paling maju. Bangsa Aztek mendirikan Kota Tenocthitlan yang kemudian berkembang menjadi pusat kegiatan ritual dan banyak dibangun tempat pemujaan berbentuk piramid.Suku Indian merupakanras mongoloid dan memiliki ciri fisik dengan rambut hitam lurus, kulit cokelat kemerah-merahan, tidak berbulu, tulang pipi menonjol, dan wajah yang sedikitl ebar. Suku Indian pertama kali ditemukan oleh bangsa Eropa pada abad ke-16 ketika melakukan ekspedisi di benuaAmerika. Awalnya Suku Indian bermigrasi ke Siberia untuk mencari hewan buruan dengan melewati selat Bering (pemisah antara benua Asia dan Amerika) namun lambat laun mereka akhirnya menetap dan membentuk sebuah peradaban. Bentuk rumah suku indian  pun sangat unik Suku Indian yang tinggal di dataran tengahàTepee. Terbuat dari kulit bison yang diregangkan. Suku Pueblo yang mendiami wilayah antara Meksiko dan AmerikaSerikatà rumah bertingkat dari batu atau adobe (tanah liat yang dijemur).

Suku indian mempunyai budaya yang beragam yang di laksanakan secararutinseperti festival rodeo,  festifal  rodeo  Dilaksanakan di Oregon secara rutin pada bulan September.Festival tersebut dinamakan Pendleton Round-Up  yang berisikan lomba tari perang, beberapa nomor lomba estafet Indian, dan pertunjukkan setiap malam yang disebut pergelaran Happy Canyon.Selain  festival  rodeo  terdapat pula  festival  crow  fair   Diadakan pada pertengahan Agustus di Crow Agency, Montana. à Lomba berlintasan satu kilometer, lomba lari cepat, tunggang banteng, tunggang kuda, ikat banteng beregu, ikat anak sapi, dan lomba estafet Indian.

Suku Cherokke Dalam Library of Congress Washington DC terdapat arsip perjanjian antara pemerintah Amerika Serikat dengan suku Cherokke pada 1787 yang mana tertera pada penandatanganan antara keduanya dengan mengatas namakan Abdel Khakdan Muhammad Ibnu Abdullah sebagai kepala suku Cherokke pada waktu itu.  Salah satu isi perjanjian tersebut berbunyi, “haksuku Cherokee untuk melangsungkan keberadaan nyadalam perdagangan, perkapalan, danbentuk pemerintahan suku cherokee yang saat itu berdasarkan hukum Islam”. Hal ini membuktikan bahwa Suku Cherokke beragama Islam.

SukuCherokke (Sharr-Kee) gemar berburu dan menjadi kan bercocok tanam sebagai mata pencaharaiannya. Suku Cherokke banyak ditemui di tepisungaidan kaki gunung negara bagian Florida, North Carolina dan sekitarnya. Suku ini juga memiliki sistem pertanian yang teorganisir dan sistem politik nya sendiri. Berbeda dengan alphabet latin yang berjumlah 26, suku Cherokke memiliki alphabet yang bervariasi sebanyak 86.

Eskimo adalah istilah yang dipakai untuk orang-orang yang menghuni daerah kutub bumi. Keberadaan mereka tersebar di sebagian besar daerah Siberia (Rusia), Alaska (AmerikaSerikat), Kanada, dan Greenland. Suku Eskimo memiliki gaya hidup yang unik. Mereka mendapatkan makanan dengan cara berbur binatang, seperti beruang dan serigala. Selain itu, mereka juga mendapatkan sumber makanan dengan cara memancingikan.

Pada umum nya makanan tersebut dikonsumsi dalam keadaan mentah. Hal ini dikarenakan kondisi mereka yang tinggal di daerah kutub yang senantiasa bekusehingga cukup sulit untuk mengolah makanan. Suku ini mempunyai sebuah rumah unik yang bernama Igloo, Igloo itu dibuatnya dari balok-balok es berbentuk setengah bundar dan berpintu masuk berwujud silinder. Alasan mengapa suku ini membuat Igloo tidak lain yaitu untuk berlindung dari udara dingin, hewan buas kutub (beruang). Alat transportasi “kayak” untuk mencari ikan. Kayak ini adalah sebuah perahu kecil bertenaga manusia sendiri, dilengkapi dengan dayung berkepala tunggal atau ganda,  kayak ini biasa dipakai oleh kaum lelaki. Untuk kaum wanita dikenal jenis perahu bernama “Umiak”, ukurannya lebih besar dibanding “Kayak”. Permukaan umiak ini tidak tertutup seperti kayak.Untuk kendaraan di darat maupun di dataran salju, mereka menggunakan kereta luncur yang ditarik oleh anjing-anjing.

Pakaian orang Eskimo berbahan dasar dari kulit binatang. Suku Eskimo menggunakan pakaian yang terbuat kulit dan bulu binatang yang tebal.Biasanya terbuat dari bulu caribou. Pakaian terdiri dari jas, celana panjang, stoking, sepatu atau sepatu bot. Sepatu Boots mereka disebut kamiks, terbuat dari kulit anjing laut karena tahan lama, hangat, dan tidak membuat sakit ketika basah. Jaket yang digunakan suku eskimo disebut atiqik.

Tak terasa waktu pun sudah menunjukkan pukl 09.30, saatnya kita mengakhiri kuliah Etnografi Bangsa-Bangsa. Pak Adib pun menutup kuliah kali ini dengan do’a dan beliau mengajak kami untuk bernyanyi Hymne Airlangga. Kami pun ikut menyanyikan dengan hikmat. Semoga apa yang kita dapat pada kuliah kali ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kita. Terimakasih..


No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment