More than Just Nation and Character Building
October 12th, 2013 at 1:57 am
Posted by Mohammad Adib in Introduction of Anthropology

Oleh: Thalia Lintang S. 071311733067. Prodi    :S1 Antropologi

“…    Dari kisah tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwa orang yang cerdas tapi licik tidak akan mencapai kesuksesan dan kebahagiaan. Namun jika kita menjadi orang yang cerdas dan bermoral mulia akan selalu menjadi orang yang bahagia dan sukses dalam segala hal. Kekayaan tidak akan menjamin kebahagiaan tetapi jika kita bisa menjadi orang yang cerdas dan bermoral mulia, kita tidak akan pernah menjadi orang yang rugi dalam hidup di dunia ini. Betapa hebatnya kampus Universitas Airlangga yang memiliki semboyan “Excellent with Morality” yang telah menjadi penuntun seluruh warga Universitas Airlangga agar menjadi orang-orang yang sukses dan bahagia dengan kecerdasan dan moral yang mulia…”

.    Tuhan telah memberikan kita dua buah mata untuk melihat, dua buah telinga untuk mendengar, dan mulut untuk berbicara. Tuhan memberikan semua alat panca indera itu untuk kita gunakan dengan sebaik mungkin. Melihat dengan mata, kita diberikan mata oleh Tuhan untuk melihat apapun yang ada di dunia ini. Mendengar dengan telinga, kita tidak hanya sekedar mendengar, tetapi perasaan dan hati menyimak dengan segenap perhatian. Dalam menyimak, kita diharuskan banyak melihat, banyak mendengar dan sedikit berbicara. Semua alat panca indera itu adalah alat untuk membentuk seseorang menjadi cerdas.

Seperti kisah yang diceritakan oleh Pak Adib, suatu hari ada seorang gadis cantik yang sedang berbincang-bincang dengan ibunya tentang masalah jodoh. Di kisah itu, ibunya menuntut gadis cantik itu agar mencari calon suami dengan memperhatikan bibit, bebet, dan bobot. Lalu, gadis cantik itu bertanya pada ibunya apa saja bibit, bebet, dan bobot itu. Ibunya menjawab, “Pertama, kamu harus cari suami yang hemat!”, dan anaknya bertanya “kenapa harus hemat, bu?” dan sang ibu berkata, “hemat kan pangkal kaya, jadi kalau kaya kan kita hidup enak”. “Kedua, cari suami yang bodoh”, kata ibu. Sang gadis bertanya, “Loh, kok bodoh bu?”. Ibu menjawab, “supaya kamu bisa atur segalanya, nanti kan kamu jadi punya kekuasaan dan tidak dibodohi”. Sang gadis cantik itu bertanya lagi, “Trus yang selanjutnya apa bu?”, ibunya pun menjawab, “cari suami yang perjaka!”, jawab sang ibu dan gadis cantik itu pun setuju dengan nasihat dari ibunya itu.

Beberapa hari kemudian gadis cantik itu bercerita pada ibunya, “Bu, saya sudah menemukan laki-laki yang sesuai dengan kriteria yang ibu maksud itu”. Ibunya pun menjawab, “Oh ya? Coba ceritakan seperti apa dia?”. Sang gadis itu pun menjawab, “Saya dan dia bertemu tadi malam bu, dan dia mengajak saya ke salah satu hotel, lalu dia memesan satu buah kamar padahal kami berdua pergi kesana, bukankah dia orang yang hemat? Kedua, saat saya suruh dia membuka celananya, ternyata dia langsung membukanya di depan saya, bukankah dia orang yang bodoh? Ketiga, ternyata dia masih perjaka”. Sungguh betapa ruginya gadis tersebut.

Dari kisah tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwa orang yang cerdas tapi licik tidak akan mencapai kesuksesan dan kebahagiaan. Namun jika kita menjadi orang yang cerdas dan bermoral mulia akan selalu menjadi orang yang bahagia dan sukses dalam segala hal. Kekayaan tidak akan menjamin kebahagiaan tetapi jika kita bisa menjadi orang yang cerdas dan bermoral mulia, kita tidak akan pernah menjadi orang yang rugi dalam hidup di dunia ini. Betapa hebatnya kampus Universitas Airlangga yang memiliki semboyan “Excellent with Morality” yang telah menjadi penuntun seluruh warga Universitas Airlangga agar menjadi orang-orang yang sukses dan bahagia dengan kecerdasan dan moral yang mulia. Dalam perkuliahan pada hari Rabu, 9 Oktober 2013, kami sangat beruntung sekali memperoleh ilmu pengantar antropologi dari Pak Adib yang telah membuka hati dan pikiran kita agar menjalankan semboyan Universitas Airlangga yang selama ini kita agungkan yaitu “Excellent with Morality” dengan tulus dan sungguh-sungguh.***


No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment