More than Just Nation and Character Building
February 9th, 2018 at 4:00 pm
Posted by Mohammad Adib in Jatidiri and Characters

PKn Genap 2017-2018 Ruang Ir. Soekarno-2Oleh Andhini Aurelia Putri (101711133130) – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.Mata kuliah pertama, jam pertama, serta hari pertama kuliah di semester 2 sangat tidak kusangka ternyata akhirnya istimewa. Benak saya mengatakan “hari pertama kuliah pasti membosankan”. Tapi nyatanya apa yang saya pikirkan adalah pemikiran yang salah. Pak Adib membuktikan bahwa hari pertama kuliah tidaklah membosankan, melainkan menyenangkan sekaligus mengisi energi positif agar semangat kedepannya sehingga kita sebagai pemuda bangsa Indonesia antusias berkontribusi memajukan bangsa ini. 1. GENAP(2017_2018)_KEWARGANEGARAAN_KELAS_A-1.1 Nilai Tugas 1 Narasi Indiviual 5 Februari 2018  2. GENAP(2017_2018)_KEWARGANEGARAAN_KELAS_A-1.1 Kelompok, Topik, dan subtopik, sistematika, dan kriteria penilaian makalah  3.

Di hari pertama ini Pak Adib menjelaskan kontrak perkuliahan sekaligus membagi kelompok untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh beliau. Pak Adib adalah dosen yang disiplin serta rajin, dibuktikan dengan kedatangan beliau yang lebih awal dari kami, pukul 06.45 beliau sudah berada di ruangan padahal kuliah dimulai pukul 07.00 itulah yang membuat saya langsung kagum dengan beliau karena saya sendiri juga ciri orang yang disiplin. Selain itu, menurut pandangan saya Pak Adib adalah seseorang yang sangat mencintai bangsanya, dibuktikan dengan cara beliau yang menyanyikan Indonesia Raya. Beliau sangat menghayati dan menindak tegas para mahasiswa yang meremahkan lagu kebangsaan. Tak lupa kami juga menyanyikan lagu wajib kebangsaan yaitu Mengheningkan Cipta setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Hymne Airlangga. Beliau menyebut serangkain itu sebagai upacara agar kita semakin cinta kepada bangsa kita.

Berbeda dengan kelas lainnya, saya menganggap bahwa mahasiswa yang kebetulan berada di ruang Ir. Soekarno dan bertemu Pak Adib adalah mahasiswa yang sangat beruntung karena Pak Adib adalah seorang motivator hebat yang berbeda dengan lainnya. Melalui pertemuan yang sangat singkat saja beliau sudah memotivasi saya untuk memiliki karakter yang sesuai dengan karakter bangsa karena hal itulah yang membantu Negara kita untuk maju. “Kalau bukan Pemuda Indonesia siapa lagi?” begitu kalimat beliau yang mampu menohok hati saya agar terus berjuang untuk Negara melalui karakter.

Selain menjelaskan tentang batapa pentingnya sebuah karakter, Pak Adib juag menjelaskan jargon Universitas Airlangga yaitu Excellent With Morality. Seperti yang dijelaskan beliau ada 15 unsur excellent yaitu : Prestasi, Terpuji, Perfect, Do the Best, Advance, Percaya diri, Cerdas, Inovatif, Terkemuka, Mandiri, Rasa Ingin tahu, Antusias, Berani untuk mengalami, Unggul, dan Tangguh. Sedangkan untuk morality ada  pengertian yaitu : Jujur, Dapat dipercaya, Responsible, dan Peduli. Dengan adanya unsur-unsur yang terkandung dalam jargon “Excellent with Morality” diharapkan mahasiswa dapat menerapkannya di kehidupan masyarakat.

Selain menjelaskan tentang jargon Universitas Airlangga, beliau juga menjelaskan tentang jargon mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yaitu : “Menyadarkan, Mencerdaskan, Mencerahkan!”. Menyadarkan memiliki arti sebagai hal apa yang telah kita serap untuk menyadarkan hati kita. Sedangkan mencerdaskan memiliki arti sebagai sesuatu yang telah mencerdaskn pikirankita. Selanjutnya, mencerahkan memiliki arti sebagai suatu hal yang mencerahkan hati kita. Kita sebagai mahasiswa harus memiliki ketiga prinsip itu agar apa yang telah kita lakukan bermanfaat baik bagi kita sendiri maupun bangsa Indonesia.


No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment