More than Just Nation and Character Building
April 7th, 2014 at 10:24 pm
Posted by Mohammad Adib in Education of Pancasila and Civics, Jatidiri and Characters, Learning Pancasila

http://www.newryhigh.com/vle/file.php/1/images/citizenship_button_copy.jpgOleh: Kelompok  1: M. Khoironi Ishaq (071311733054)/ Antropologi, Lailatul Fitri Fauziah (071311733007)/ Antropologi, Yustin Agustina (081311533020)/ Kimia, Putri Yuliasari (071311733073)/ Antripologi, Siti Aliyah (081311533006)/ Kimia, Rizka Meilinda (071311233011)/ HI. “…..Materi hari ini sangat bermanfaat bagi kita dalam mengetahui pentingnya berkewarganegarran dan patut bersyukur bisa menjadi mahasiswa yang berkewarganegraan Indonesia, karena melalui matakuliah PPKn ini kita tidak hanya mengedepankan pengetahuan tapi juga mengedepankan attitude yang baik. Sehingga kita dapat tau peran kita dalam bernegara seperti apa dan kita juga memiliki hak dan kewajiban yang sama-sama tidak dapat kita pisahkan, sehingga kita harus memanfaatkan hak dan kewajiban kita dalam bernegara. Hal ini sangat terlihat dari pembelajaran kami kali ini. Seperti biasanya, Pak Adib selalu menyisipkan pesan-pesan yang bermanfaat bagi para mahasiswanya, yakni gunakanlah hak dan kewajiban kita dalam bernegara untuk menjunjung tinggi kehidupan masyarakat dan bernegara. Setelah itu beliau juga mengatakan bahwa manusia dapat dilihat dari ucapannya. Melalui pesan-pesan Pak Adib yang diberikan membuat kami menjadi pribadi yang lebih bersifat responsif dan tanggung jawab lagi terhadap segala perbuatan yang kita lakukan. Sebagai generasi muda, beban Indonesia menjadi negara maju dipikulkan ke kita , oleh sebab itu sudah tugas kita menjadi pemuda yang tidak hanya excellent dalam ilmunya tetapi juga memiliki moral mulia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.”

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang ditunggu-tunggu kelompok kami, pagi ini tepatnya hari Senin, tanggal 07 April 2014 pukul 07.00 diruang R-07 adalah diskusi kelompok yang membahas tentang Hak kewajiban kewarganegaraan. Tak pernah lupa kegiatan rutin mata kuliah PPKn ini selalu dipimpin oleh presiden dan sedgen-sedgen yang Excellent untuk menyanyikan lagu kebangsaan kita Indonesia Raya , Mengheningkan Cipta dan tak lupa Hymne Airlangga. Lagu-lagu pilihan bapak Excellent kita bapak Adib ini sangat cocok untuk menanamkan rasa jiwa nasionalisme mahasiswa PPKn diruang R-07.

Diskusi yang sangat aktif dipimpin oleh kelompok 5 mengenai Hak kewajiban kewarganegaraan. Pengertian Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Contohnya : melaksanakan tata tertib dikampus, membayar SPP atau melaksanakan tugas yang diberikan dosen dengan sebaik-baiknya dan sebagainya. Sedangkan pengertian Warga Negara adalah penduduk yang sepenuhnya dapat diatur oleh Pemerintah Negara tersebut dan mengakui Pemerintahnya sendiri. Adapun pengertian penduduk menurut Kansil adalah mereka yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu yang ditetapkan oleh peraturan negara yang bersangkutan, diperkenankan mempunyai tempat tinggal pokok (domisili) dalam wilayah negara itu.

Diskusi pagi ini juga membahas untuk menentukan siapa-siapa yang menjadi warga negara, dan pembahasan ini menumbuhkan ide-ide yang Excellent pada para audiens untuk memberi pertanyaan-pertanyaan yang cerdas. Dalam menentukan siapa-siapa yang menjadi warga Negara digunakan unsur-unsur kewarganegaraan, yaitu:

1.      Unsur darah keturunan (Ius Sanguinis) adalah asas bagi seseorang meperoleh kewarganegaraan suatu negara berdasarkan asas kewarganegaraan orangtuanya, dimanapun ia dilahirkan.

2.      Unsur darah tempat kelahiran (Ius Soli) adalah asas bagi seseorang memperoleh kewarganegaraan berdasarkan negara tempat dimana ia dilahirkan, meskipun orangtuanya bukan warga negara dari negara tersebut.

3.      Unsur pewarganegaraan (Naturalisasi) Adalah tatacara bagi orang asing untuk memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia melalui permohonan. Dalam Undang-Undang dinyatakan bahwa kewarganegaraan dapat juga diperoleh melalui pewarganegaraan. Permohonan pewarganegaraan dapat diperoleh dengan memenuhi persyaratan tertentu. Syarat-syarat atau prosedur pewarganegaraan disesuaikan menurut kebutuhan yang dibawakan oleh kondisi dan situasi negara masing-masing.

 

Materi hari ini sangat bermanfaat bagi kita dalam mengetahui pentingnya berkewarganegarran dan patut bersyukur bisa menjadi mahasiswa yang berkewarganegraan Indonesia, karena melalui matakuliah PPKn ini kita tidak hanya mengedepankan pengetahuan tapi juga mengedepankan attitude yang baik. Sehingga kita dapat tau peran kita dalam bernegara seperti apa dan kita juga memiliki hak dan kewajiban yang sama-sama tidak dapat kita pisahkan, sehingga kita harus memanfaatkan hak dan kewajiban kita dalam bernegara. Hal ini sangat terlihat dari pembelajaran kami kali ini. Seperti biasanya, Pak Adib selalu menyisipkan pesan-pesan yang bermanfaat bagi para mahasiswanya, yakni gunakanlah hak dan kewajiban kita dalam bernegara untuk menjunjung tinggi kehidupan masyarakat dan bernegara. Setelah itu beliau juga mengatakan bahwa manusia dapat dilihat dari ucapannya. Melalui pesan-pesan Pak Adib yang diberikan membuat kami menjadi pribadi yang lebih bersifat responsif dan tanggung jawab lagi terhadap segala perbuatan yang kita lakukan. Sebagai generasi muda, beban Indonesia menjadi negara maju dipikulkan ke kita , oleh sebab itu sudah tugas kita menjadi pemuda yang tidak hanya excellent dalam ilmunya tetapi juga memiliki moral mulia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.


No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment