More than Just Nation and Character Building
March 25th, 2014 at 8:20 pm
Posted by Mohammad Adib in Jatidiri and Characters, Learning Pancasila

Oleh: Rizqi Machroja 071311233005, Muhammad Adrindra Hervi 071311233016, Nur Faghmarul Ilmiah 071311233001, Mahbubatus Sakdiyah 071311733031,  Ayu Kartika Putri 081311533022, Imas Ayu Rani Agustin 081311133002. “…..Pada pagi hari ini, kami sangat bersyukur karena mendapatkan materi yang dapat menunjukkan identitas bangsa kami ini. sehingga sudah merupakan tanggung jawab dan tugas kami untuk selalu menunjukkan identitas dan bangga menjadi bagian dari bangsa yang excellent ini. Pelajaran yang dapat kami ambil pada hari ini yaitu kami harus selalu menjaga lisan, karena lisan yang baik akan mengakibatkan tindakan yang baik. Jika tindakan kita jelek, maka tindakan tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan akan mempengaruhi nasib kita. Sehingga kita harus selalu menjaga lisanm Berawal dari lisan yang baik maka akan berakhir dengan nasib yang baik pula.

                Pada kuliah hari ini yaitu hari senin tanggal 24 Maret 2014, kami memperoleh materi yang luar biasa. Sebuah materi yang dapat menunjukkan sebuah identitas atau jati diri bangsa. Ya, materi itu membahas tentang identitas bangsa. Menurut kelompok kami, identitas adalah sebuah tanda kepribadian atau jati diri suatu bangsa. Identitas bangsa Indonesia dengan Malaysia atau dengan bangsa lainnya tidaklah sama. Identitas itulah yang nantinya akan membedakan dan mempunyai ciri khas tersendiri dari bangsa tersebut. Identitas iu diperoleh dari adanya pengalaman bersama, rasa dan penderitaan yang sama serta adanya saling kerja sama antara suku atau kelompok satu dengan yang lainnya. Meskipun Indonesia mempunyai bermacam-macam budaya, suku, ras, dan agama yang berbeda-beda, semua itu tidak menghalangi Indonesia untuk tetap menunjukkan identitas diri bangsa di mata dunia.

                   Ada beberapa unsur identitas bangsa dia antaranya yaitu bahasa,agama, kebudayaan dan Pancasila. Bahasa merupakan sarana komunikasi antar manusia. Bahasa juga merupakan suatu identitas karena bahasa menunjukkan darimana kita berasal. Misalnya saja ada seseorang warga negara Indonesia yang berkunjung ke luar negeri, mungkin ia harus pintar dan lancar menggunakan bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris. Tapi di lain sisi, kita juga harus bangga mempunyai bahasa nasional bahasa Indonesia karena bahasa ini telah di ajarkan di beberapa sekolah maupun jurusan perguruan tinggi di mancanegara. Indonesia di kenal sebagai negara agamis. Indonesia mempunyai lima agama yang telah di akui keberadaannya. beberapa diantaranya yaitu agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha. Indonesia merupakan negara yang hebat karena dapat mempertahankan kedamaian masyarajatnya. Itu dibuktikan hingga saat ini tidak ada konflik atau perang karena adanya perbedaan agama tersebut. Agama-agama di Indonesia mampu menjaga toleran dan dapat menghargai satu dengan lainnya. Kebudayaan berperan penting didalam identitas bangsa, karena kebanyakan pada saat acara Internasional, negara-negara menunjukkan penampilan terbaiknya di dalam hal kebudayaan. Indonesia mempunyai kebudayaan yang sangat beragam hingga tak terhitung banyaknya. Banyak sekali kebudayaan yang telah di kenal dan di pelajari di beberapa belahan dunia misalnya kesenian musik angklung, tarian reog ponorogo, batik dan kebudayaan luar biasa lainnya. Sehingga sudah tugas kita sebagai generasi penerus untuk tetap melestarikan dan tetap berusaha mengeksistensikan kebudayaan Indonesia. Pancasila merupakan sebuah idiologi negara karena di dalamnya merupakan pedoman hidup dan cerminan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu Pancasila juga berperan penting dalam identitas bangsa Indonesia. Tidak ada bangsa lain yang menganut idiologi pancasila selain negara Indonesia. Pancasila tidaklah di buat dengan ketidakengajaan, tetapi di buat dengan pemikiran yang matang sesuai kepribadian bangsa Indonesia.

                Pada pagi hari ini, kami sangat bersyukur karena mendapatkan materi yang dapat menunjukkan identitas bangsa kami ini. sehingga sudah merupakan tanggung jawab dan tugas kami untuk selalu menunjukkan identitas dan bangga menjadi bagian dari bangsa yang excellent ini. Pelajaran yang dapat kami ambil pada hari ini yaitu kami harus selalu menjaga lisan, karena lisan yang baik akan mengakibatkan tindakan yang baik. Jika tindakan kita jelek, maka tindakan tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan akan mempengaruhi nasib kita. Sehingga kita harus selalu menjaga lisanm Berawal dari lisan yang baik maka akan berakhir dengan nasib yang baik pula.


No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment