More than Just Nation and Character Building
September 17th, 2017 at 4:55 pm
Posted by Mohammad Adib in Jatidiri and Characters

Dosen Pengajar : Dr. H. Moh. Adib, Drs., MA. Kelompok 11 : PKN BWI-A Dimas Nur Khoiron Septian   (141711535002), Dea Risti Hariyani   (141711535005), Fiko Ainun Nur Aisyiyah (101711535019), Selviani Setyaning D.   (101711535011), Meirna Mega Rizki  (101711535016). PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi Jalan Wijaya Kusuma No. 113 Kecamatan Giri Banyuwangi 68423. “…..Kita sebagai mahasiswa, sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai agent of change sudah berkewajiaban menjaga dan mempertahankan identitas nasional dari ancaman – ancaman yang membahayakan identitas nasional. Untuk menghadapi hal itu perlu adanya strategi  untuk mempertahankan identitas nasional  yang merupakan jati diri bangsa, diantaranya dengan mengembangkan nasionalisme, pendidikan, budaya, dan bela negara. Dengan cara  mengembangkan jiwa nasionalisme, pendidikan dan kebudayaan. Suatu tujuan akan mudah diraih apabila dikerjakan dan dilaksanakan dengan sungguh – sungguh. Jangan pernah berkata sulit karena itu akan membuat maindset dan perilaku kita menjadi terhambat..”

Pada pagi ini Rabu tanggal 13 Agustus 2017 merupakan hari dimana kita belajar untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang dilaksanakan pada pukul 13.00 sampai dengan 14.40 WIB  bertempat di SD Model Kabupaten Banyuwangi. Seperti pada hari sebelumnya, Pak Adib selalu memberikan jargon – jargon singkat penuh makna yang sangat spktakuler, sehingga dapat menggugah semangat kita untuk tetap bersemangat selama proses kegiatan belajar mengajar.

Pada hari ini Pak Adib memberikan materi yaitu tentang Identitas Nasional. Disini kami mendapat banyak hal baru yang membuka lebih lebar lagi mata dan hati kami sebagai seorang mahasiswa dan agent of change. Identitas Nasional (INAS) Bangsa Indonesia antara lain adalah Pancasila, Burung Garuda, lagu kebangsaan Indonesia Raya, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, budaya, Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia, kepulauan, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan lain sebagainya. Pemaparan tentang identitas nasional sangatlah penting untuk mengenal, memahami serta memaknai jiwa nasionalisme kita. 

Secara umum terdapat beberapa dimensi yang menjelaskan ciri khas suatu bangsa. Unsur – unsur tersebut secara normatif berbentuk sebagai nilai, bahasa, adat istiadat dan letak geografis. Beberapa dimensi dalam identitas nasional itu antara lain adalah pola perilaku, lambang – lambang, alat perlengkapan dan tujuan yang ingin dicapai.

Identitas nasional merupakan ungkapan nilai – nilai budaya suatu bangsa yang bersifat khas dan membedakannya dengan bangsa lain. Warga negara yang mengerti akan identitas nasional bangsanya akan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap ciri khas bangsanya. Arrti penting identitas nasional bagi suatu bangsa adalah sebagai pemersatu bangsa yang bersangkutan sekaligus sebagai pembeda dengan bangsa lain. Bangsa yang bersatu karena identitas yang sama dapat menimbulkan rasa kebanggan, kebersamaan, dan kecintaan pada bangsa dan tanah airnya. Di sisi lain, identitas nasional yang mampu membedakan dengan bangsa lain akan menumbuhkan saling penghargaan toleransi, hormat menghormati, dan sikap apresiatif terhadap identitas lain tersebut.

Unsur pembentuk nasional adalah kebudayaan, suku bangsa, agama dan bahasa. Nasionalisme sendiri dapat diartikan sebagai sebuah situasi kejiwaan dimana kesetiaan seseorang diabadikan secara langsung kepada bangsa dan negara. Nasionalisme terbukti sangat efektif sebagai alat perjuangan merebut kemerdekaan dari cengkraman kolonial.

Kita sebagai mahasiswa, sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai agent of change sudah berkewajiaban menjaga dan mempertahankan identitas nasional dari ancaman – ancaman yang membahayakan identitas nasional. Untuk menghadapi hal itu perlu adanya strategi  untuk mempertahankan identitas nasional  yang merupakan jati diri bangsa, diantaranya dengan mengembangkan nasionalisme, pendidikan, budaya, dan bela negara. Dengan cara  mengembangkan jiwa nasionalisme, pendidikan dan kebudayaan. Suatu tujuan akan mudah diraih apabila dikerjakan dan dilaksanakan dengan sungguh – sungguh. Jangan pernah berkata sulit karena itu akan membuat maindset dan perilaku kita menjadi terhambat.

 

“Jangan Tanyakan Apa yang Negara Berikan Kepadamu Tapi Tanyakan Apa yang Kamu Berikan Kepada Negaramu!!!”

 #UNIVERSITAS AIRLANGGA..

#EXCELLENT WITH MORALITY

#KSATRIA AIRLANGGA..

#BAKTI KAMI ABADI UNTUK NEGERI

#MATA KULIAH WAJIB NASIONAL..

#MENYADARKAN MENCERDASKAN MENCERAHKAN

#MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN..

#INDONESIA HARUS LEBIH BAIK


No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment