More than Just Nation and Character Building
September 9th, 2016 at 10:24 pm
Posted by Mohammad Adib in Philosophy of Science

IIP Filsafat Ilmu Kamis, jam 10.00-12.40,  8 September 2016Oleh: inas nuri al salwa email: inasnurialsalwa@gmail.com. “….Waktu siang hari jam 09.39, terik matahari menyinari kulitku. Aku bergegas cepat-cepat masuk kelas yang mana ruangannya di A 304.  Setelah aku masuk di ruang kelas, aku merasakan kesejukan karena disanalah terdapat ac yang sangat dingin. Setelah itu ada seorang dosen yang seharusnya masuk jam 10.00 tetapi beliau masuk jam 09.45. Anak-anak di kelasku heran, dan kemudian dosen itu menulis tentang filsafat ilmu dipapan tulis. Aku pun dengan heran dan bertanya-tanya pada diriku sendiri, Apa itu Filsafat Ilmu? Mengapa harus sampai ada di mata kuliah mahasiswa ada pelajaran Filsafat Ilmu?. Akupun hanya terdiam dan memikirkan sejenak. Lalu tibalah jam 10.00 dosen tersebut memperkenalkan dirinya. Nama beliau adalah DR.DRS.H.Moh Adib,MA. Beliau adalah Lulusan Sarjana S1 di Universitas Gajah Mada pada tahun 1980-1986, beliau juga lulusan Magister S2 di Universitas Indonesia pada tahun 1996-1999, kemudian beliau lulusan Doktor di Universitas Airlangga pada tahun 2010-2016. Aku pikir pertama saya melihat dan mendengar suara beliau ini seperti seorang penyiar radio karena aku mendengar dia berbicara cepat seperti presenter/penyiar radio…..” “………Akhirnya setelah semua yang sudah diberikan materi-materi bab untuk dipelajari pada pertemuan ketiga besok, …… akupun ingin mengetahui secara detail tentang Filsafat Ilmu bagi mahasiswa dan aku sangat ingin menunggu pelajaran ini di minggu ketiga besok.

Waktu siang hari jam 09.39, terik matahari menyinari kulitku. Aku bergegas cepat-cepat masuk kelas yang mana ruangannya di A 304.  Setelah aku masuk di ruang kelas, aku merasakan kesejukan karena disanalah terdapat ac yang sangat dingin. Setelah itu ada seorang dosen yang seharusnya masuk jam 10.00 tetapi beliau masuk jam 09.45. Anak-anak di kelasku heran, dan kemudian dosen itu menulis tentang filsafat ilmu dipapan tulis. Aku pun dengan heran dan bertanya-tanya pada diriku sendiri, Apa itu Filsafat Ilmu? Mengapa harus sampai ada di mata kuliah mahasiswa ada pelajaran Filsafat Ilmu?. Akupun hanya terdiam dan memikirkan sejenak. Lalu tibalah jam 10.00 dosen tersebut memperkenalkan dirinya. Nama beliau adalah DR.DRS.H.Moh Adib,MA. Beliau adalah Lulusan Sarjana S1 di Universitas Gajah Mada pada tahun 1980-1986, beliau juga lulusan Magister S2 di Universitas Indonesia pada tahun 1996-1999, kemudian beliau lulusan Doktor di Universitas Airlangga pada tahun 2010-2016. Aku pikir pertama saya melihat dan mendengar suara beliau ini seperti seorang penyiar radio karena aku mendengar dia berbicara cepat seperti presenter/penyiar radio.

            Beliau memberikan penjelasan tentang apa itu yang dimaksud dengan sebuah ILMU dan Pengetahuan. Hal ini yang tidak bisa kita jauhkan dari hidup kita sehari-hari. Kemudian beliau menyuruh mahasiswa untuk menunjukkan sebuah komentarnya dengan mengangkat tangan dan memulai membicarakan tentang maksud tersebut. Ada tiga anak yang mengangkat tangan untuk mengajukan jawaban dari sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan apa yang dimaksdu ILMU dan Pengetahuan? Ada seingetku salah satu anak menjelaskan didepan kelas jika ilmu itu sudah tertata dan mempunyai struktur yang sudah disusun jika pengetahuan itu ingin mengetahui sesuatu hal dengan secara luas atau bersifat universal dan tidak berstruktur dan tertata. Kemudian beliau pun memberikan applause untuk ketiga mahasiswa yang sudah menyampaikan argumen atau pendapatnya didepan kelas dan beliau memberikan nilai bintang untuk mereka bertiga. Beliau kemudian menjelaskan apa itu Ilmu dan apa itu Pengetahuan, pertama beliau menjelaskan ilmu itu ada di sebuah nama fakultas dengan contoh Fakultas ILMU Sosial dan ILMU Politik dan Fakultas ILMU Budaya, kemudian ilmu ada di sebuah nama Departemen contoh Departemen ILMU Informasi dan Perpustakaan atau prodi contoh ILMU Informasi dan Perpustakaan. Lah seperti itulah Ilmu itu adalah pemotong pengetahuan yang lebih luas dan sudah tertata berstruktur, dan kalau Pengetahuan itu adalah  mengetahui secara luas/universal yang tidak terbatas dan tidak berstruktur tertata.  

Beliau juga menyampaikan sebuah pernyataan kalimat dengan mengandung sebuah pernyataan besar, Apa itu Filsafat ilmu? Dan sontak aku memperhatikan apa yang dibicarakan Pak Adib di depan kelas. Beliau menyampaikan jika Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan, dan pemikiran manusia secara kritis, dan dijabarkan dalam konsep mendasa dan Ilmu adalah pemotong sebuah pemahaman manusia yang lebih luas. Jika di satukan Filsafat Ilmu adalah  bagian dari filsafat yang menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu. Beliaupun mulai menjelaskan ada tiga yang harus diketahui untuk mempelajari Filsafat Ilmu yang pertama adalah Filsafat Ilmu itu Produk para pakar/ahli, yang kedua adalah Filsafat Ilmu itu Sejarah, yang ketiga adalah Filsafat Ilmu itu Pandangan Hidup bagi Manusia.

Ada bab yang akan dibahas oleh beliau untuk pertemuan mata kuliah Filsafat Ilmu di semester pertama ini ada 12 bab yang akan dibahas Bab pertama adalah tentang Ilmu Pengetahuan,Ilmu Agama, dan Ilmu Filsafat. Bab Kedua adalah Krisis Ilmu Pengetahuan dan signifikannya. Bab Ketiga adalah Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan makna semngat positif Renaissance. Bab Keempat adalah asas-asas penalaahan ilmu. Bab kelima adalah Landasan Penalaahan Ilmu. Bab Keenam adalah Struktur/Bangunan Ilmu Pengetahuan. Bab Ketujuh adalah Teori-Teori Kebenaran. Bab Kedelapan adalah Logika deduksi/ Penalahan Langsun. Bab Kesembilan adalah Pola Penalaran Deduksi. Bab Kesepuluh adalah Pola Penalaran Induksi. Bab Kesebelas adalah IPTEK Masyarakat Kebudayaan. Dan terakhir yang Kedua belas adalah Ilmu Bebas Nilai atau Tidak Bebas Nilai dalam Konteks Penemu/Discovery dan Konteks Pembenaran/Justification.

Akhirnya setelah semua yang sudah diberikan materi-materi bab untuk dipelajari pada pertemuan ketiga besok, akupun ingin mengetahui secara detail tentang Filsafat Ilmu bagi mahasiswa dan aku sangat ingin menunggu pelajaran ini di minggu ketiga besok. Kemudian beliau memberikan kepada kami tugas untuk Individu dan Kelompok untuk memberikan nilai kepada kami semua. Untuk tugas kelompok  yang dipilih secara acak, aku mendapatkan kelompok 11 A dan aku sebagai seketaris dalam kelompok tersebut.  Akhirnya waktupun berjalan hingga jam 12.30 kita semua disuruh membersihkan kelas/meninggalkan kelas, kemudian akupun bergegas pulang dan menyelesaikan tugas-tugas yang menunggu aku.

 


No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment