More than Just Nation and Character Building
December 24th, 2012 at 12:45 am
Posted by Mohammad Adib in Jatidiri and Characters, Learning Pancasila, Philosophy, Plagiarisme

By : Deanty Chandra Pertiwi (071211533004) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga 2012 – 2013. Plagiarisme dan Korupsi yang Berakibat Buruk bagi Masa Depan Indonesia by Deanty.pdf

Plagiarisme ialah tindakan mencuri ide (gagasan) atau hasil pemikiran & tulisan orang lain yang digunakan dalam tulisan seolah-olah ide atau tulisan orang lain tersebut adalah ide atau hasil tulisan sendiri sehingga merugikan orang lain. Terdapat unsur ‘penganiayaan’ intelektual pada plagiarisme, oleh karena pada Plagiarisme terjadi pengambilan secara paksa kata-kata / gagasan yang berlangsung tanpa izin pemiliknya. Istilah ‘Plagiarisme’ selain berupa pengambil alihan secara tidak jujur nas dalam btk artikel/tulisan; berlaku juga utk penyajian lisan;  catatan kaki; dan juga sitasi.

Plagiarisme merupakan salah satu tindakan korupsi kecil.  Korupsi menjadi masalah yang paling serius yang harus dihadapi oleh banyak negara di dunia, terutama menyangkut kepentingan politik dan ekonomi . Korupsi menjadi indikator atas tata kelola yang tidak sehat dan berkembang menjadi isu penting dalam lingkungan politik dan ekonomi global. Secara konsep, korupsi menjelaskan mengenai bagian dari suatu sistem yang tidak memenuhi kewajiban seperti yang telah menjadi tujuan, atau memenuhinya dalam cara yang tidak benar; dan hal tersebut menimbulkan kerugian bagi tujuan organisasi secara keseluruhan.

Pada dasarnya, semua bentuk pemerintahan di dunia sama beresikonya terhadap praktik-praktik korupsi, hanya tergantung kepada seberapa kuatnya penegakan hukum di tiap negara. Hal ini berarti semakin kuat penegakan hukum di suatu negara, maka pemberantasan korupsi di negara tersebut dapat berjalan dengan baik, atau setidaknya menekan praktik korupsi dalam lembaga pemerintahan.  Dari dua definisi  tersebut, saya bisa banyak mengambil pelajaran-pelajaran semenjak saya berstatus menjadi mahasiswi Universitas Airlangga. Dan dari dua definisi diatas itu juga dapat membuka pikiran saya bahwa tidak heran jika makin banyak pelaku korupsi dari berbagai kalangan. Baik dari Kaum Pejabat dan Kaum buruh serta daru berbagai kalangan umur pula.

Awal memasuki Fakultas Ilmu Sosial Politik saat PPKMB hari pertama yang bertepatan pada tanggal 31 Agustus 2012 tentu sangat membanggakan. Karena akhirnya saya bisa memasuki Perguruan Tinggi yang sesuai dengan kemauan dan Alhamdulillah saya memasuki jurusan yang juga sesuai dengan minat saya yaitu Ilmu Komunikasi. Meski dengan perjuangan yang cukup berat dan panjang tetapi saya tetap menaruh Ilmu Komunikasi sebagai pilihan pertama saya di lembar  tes SNMPTN  waktu itu, sedangkan piilihan keduanya saya menaruh jurusan Satra Inggris Universitas Airlangga. Pada saat SNMPTN berlangsung, saya benar-benar  mengerjakan sendiri dan tidak ada satu pun bantuan dari orang lain. Dikarenakan pula, saya tidak mengenal satu orang pun dalam kelas tersebut. Bisa dibilang, saya amat sangat kesusahan karena 3 tahun berturut turut saya selalu mencontek dan dibantu oleb teman-teman saya saat menherjakan ujian di SMA. Tetapi pada saat itu saya tetap percaya diri dengan jawaban-jawaban yang saya isi dalam tes SNMPTN tersebut, meski salah satu sisi saya kesusahan dan ragu-ragu dengan jawaban yang saya tuangkan dalam Lembar Jawaban tersebut.  Dan hasilnya, pada saat tanggal 7 Juli 2012 pengumuman SNMPTN , saya harus tetap mengikutites PMDK yang diselenggarakan pada tanggal 15 Juli 2012.

Dari situ,jujur saya mulai banyak belajar dari banyak sisi, terutama untuk tidak tergantung pada orang lain dan mulai percaya pada diri saya sendiri. Karena, dari mencontek itu saja saya secara tidak sengaja melakukan tindak korupsi. Hanya saja, hal ini menguntungkan saya dalam bidang akademik bukan dalam bidang keuangan. Pada saat tes PMDK Unair gelombang I  berlangsung saya tetap belajar dari soal-soal yang telah diberikan guru-guru les saya dan tentunya saya tetap berpasrah kepada-Nya. Pada hari Minggu, tanggal 15 Juli 2012 saya tetap menjalankan tes PMDK di Kampus Unair C Fakultas Sains Teknologi pada pukul 07.00 pagi WIB. 3 jam saya berkutat dengan soal-soal yang saya temui di SNMPTN pada tanggal 12-13 Juni 2012 tersebut.  Dan di dalam kelas tersebut, saya tidak mengenal satu orang pun dan saya tetap percaya pada diri saya sendiri , akan jawaban saya sendiri tanpa memlagiat jawaban dari siapapun.

Akhirnya, waktu tanggal 19 Juli 2012 jam 07.00 malam saya membuka web Unair untuk mengetahui apakah saya akan diterima atau bahkan ditolak kembali sama sperti waktu pengumuman SNMPTN? Dan jawabanya, tentu mengejutkan saya dan orang-orang dieskitar saya. Saya berhasil menjadi Mahasiswi Universitas Airlangga Fakultas Ilmu Sosial Politik di Prodi Ilmu Komunikasi.  Saya sangat bersyukur, karena saya akhirnya mengetahui definisi dari kata-kata, “Orang yang sukses adalah orang yang dapat berdiri di kakinya sendiri, tanpa menyusahkan orang lain”. Karena saya merasa, saya berhasil memasuki Universitas Airlangga dari hasil kerja keras saya sendiri tanpa ada campur tangan orang lain, meski harus melalui tes tersebut selama 2 kali berturut-turut. Namun, saya tetap bersyukur karena Allah SWT mengizinkan saya masuk di Universitas Airlangga sesuai dengan jurusan yang saya minati. Dan tentunya, dari hal-hal ini saya belajar dan berniat untuk tidak selalu mencontek kembali saat ujian berlangsung, dan mencoba untuk meningkatkan kepercayaan dalam diri saya sendiri. Terutama, saya memasuki Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan di Fakultas ini saya harus belajar lebih demokratis dan berpikir kritis tanpa campur tangan orang lain, namun harus dimulai dari diri saya sendiri.

Selama 3 bulan saya berkuliah di Universitas Airlangga Prodi Ilmu komunikasi pada semester 1 ini, tentu saya tidak hanya memiliki teman-teman baru dan mengenal macam-macam karakteristik mahasiswa di Prodi Ilmu Komunikasi. Namun, saya tentunya juga  mendapat pelajaran baru dari dosen-dosen dari berbagai macam mata kuliah. Contohnya saya waktu mata kuliah PPKN dimulai, seluruh mahasiswa harus menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum mata kuliah dimulai dan dari situ saya benar-benar memaknai bahwa lagu Indonesia Raya tidak hanya dinyanyikan pada acara-acara tertentu seperti contohnya Upacara. Dan tentunya, dalam masalah tugas. Memang, saya bisa mencari berbagai macam referensi dari Internet. Tetapi, semenjak saya menjadi Mahasiswi Unair saya lebih banyak tahu bahwa ternyata masih harus lebih teliti dalam mencari refrensi dalam suatu web , karena masih banyak web/referensi yang tidak akurat/tidak kredibel. Disamping itu, salah satu dosen PPKN saya juga mengajarkan untuk selalu memberi surat pernyataan anti plagiat saat mengerjakan tugas dari Pak Adib tersebut. Dari situ saja, saya bisa mengambil point bahwa kita tidak harus selalu mengambil hasil karya orang lain , karena apapun hasil kerja keras kita sendiri akan lebih patut untuk dihargai dan diperjuangkan tanpa harus mencontoh hasil karya dari orang lain. Maka semenjak dari itu, saya amat sangat menyetujui adanya undang-undang plagiarisme. Karena dari undang-undang tersebut secara tidak sengaja mengajarkan saya dan khususnya Masyarakat Indonesia tidak hanya untuk menjauhi perlakuan plagiat tetapi juga tindakan korupsi yang harus kita mulai semenjak kita muda.

Dan point yang lain menurut saya juga penting adalah, adanya undang-undang plagiarisme dan pendidikan anti korupsi juga mengajarkan kita untuk lebih mandiri dan tidak menggantungkan segala sesuatu pada orang lain. Semenjak saya mengetahui itu semua, saya selalu berusaha untuk lebih teliti dalam mengerjakan tugas dan tidak selalu bergantung dengan refrensi yang saya dapatkan. dimulai dari sini lah saya mulai belajar dan sadar bahwa pendidikan anti korupsi dan undang-undang plagiarisme tidak hanya untuk diketahui , tetapi dimaknai, dipelajari dan tentunya dilakukan. Dan dari sini saya mulai sadar bahwa sesungguhnya Korupsi dimulai dari awal semenjak kita muda dan dimulai dari hal-hal yang kecil. Itu sebabnya, banyak sekali pejabat-pejabat kaya yang melakukan tindak korupsi dan merugikan rakyat-rakyat kecilnya, karena semenjak masa muda mereka mereka rata-rata berani untuk              melakukan tindak korupsi tanpa memikirkan pihak-pihak yang di rugikanya.

Pada saat saya pertama kali menjalankan Ujian Tengah Semester di Universitas Airlangga dari bulan Oktober-November, saya benar-benar merasa takut sama seperti saat tes SNMPTN. Dan saya sama sekali tidak pernah menyontek dan tidak bertanya pada teman sekelas saya sekalipun, padahal tempat duduk saya tidak jauh dari beberapa teman dekat saya di kampus. Tetapi dari hal-hal tersebut saya belajar untuk lebih mandiri dan tidak menggantungkan semuanya terhadap orang lain terutama orang-orang disekitar saya. Dari situ juga, saya selalu berusaha untuk lebih percaya diri dan belajar lebih keras dari apa yang telah saya pelajari. Karena orang tua saya selalu berpesan kepada saya, bahwa lebih baik berdiri diatas kaki kita sendiri karena effort yang dirasakan akan lebih berharga daripada menggantungkan atau menaruh harapan kepada orang lain, tetapi hasilnya sama saja bahkan tidak menghasilkan apa-apa. Salah satu sisi, saya juga berterima kasih kepada Pak Adib karena Pak Adib menunjukkan saya sebuah undang-undang plagiarisme dan mengajarkan tentang Pendidikan Anti Korupsi. Dari situ, saya bisa menilai bahwa Plagiarisme merupakan  mencuri gagasan, kata-kata, kalimat atau hasil penelitian orang lain dan menyajikannya seolah-olah sebagai karya sendiri.  Plagiat atau Penjiplakan hampir menjadi bagian yang tidak dapat di pisahkan dalam penulisan Skripsi, Tesis, karya ilmiah dan artikel - artikel.  Menurut Prof. Dr. Ir. Sardy. S, menyebutkan Plagiat adalah tindak pengambilan, pencurian, dan “peminjaman” pendapat, ide, pemikiran, kata, kalimat, karangan orang  lain, dengan menjadikan sebagai milik sendiri. Dan berdasarkan data guru yang ketahuan melakukan plagiasi mencapai 1.082 guru, tentunya itu merupakan angka yang yang tidak sedikit. Modus para guru menggunakan dokumen palsu adalah agar dapat dikategorikan “guru professional”.

Tidak hanya dalam hal plagiarisme, tetapi juga dalam hal menghemat dan menyimpan uang. Saya yang hampir setiap hari dalam seminggu naik taxi, dan orang tua saya memang meberikan uang jajan lebih dari cukup tetapi saya selalu berusaha untuk meminimaliskan kebutuhan saya yang tidak begitu penting, agar saya bisa menyimpan uang untuk keesokan harinya. Agar saya bisa menabung dan belajar untuk tidak boros lagi. Tidak hanya dalam masalah keuangan, tetapi tentunya dalam hal cara belajar. Kedua orang tua saya selalu mengajarkan dan tidak pernah berhenti memberitahu agar saya mengubah cara belajar saya tidak seperti SMA. Walhasil, setiap seminggu minimal 2 kali saya selalu membaca buku-buku pengetahuan terutama yang berhubungan dengan mata kuliah saya sendiri.

Dari kesimpulan yang saya ambil baik dari pengalaman empiris saya maupun bukti-bukti yang saya dapat dari media internet. Hal-hal seperti korupsi dan plagiarisme dapat kita hindari jika kita mau memulainya dari diri kita sendiri. Jika tidak, maka akan semakin banyak generasi-generasi muda yang akan meneruskan tindakan terpuji ini. Selain dimulai dari diri sendiri, sperti yang sudah saya katakan bahwa semuanya dimulai dari hal-hal yang kecil untuk membasmi hal-hal seperti Plagiarisme dan Korupsi.

Saran saya, tetaplah menjadi diri anda sendiri anda yang mencintai Negara Indonesia tanpa mencontoh Negara lain. Agar Indonesia tetap dihargai sebagai Negara yang merdeka dan makmur tanpa adanya koruptor-koruptor yang mengotori Negara Indonesia ini. Kita juga haruse lebih banyak belajar sendiri, tanpa harus menggantungkan penrtolongan orang lain. Karena , kembali lagi seperti yang dikatakan ayah dan ibu saya bahwa orang yang berdiri dengan kakinya sendiri akan jauh lebih dihargai, daripada mereka yang selalu menggantungkan bahkan menyusahkan orang lain sehingga tidak memiliki result yang memuaskan dan sesuai dengan keinginanya

 

DAFTAR PUSTAKA

http://www.sai.ugm.ac.id/site/artikel/korupsi-definisi-dan-jenisnya

filsafat.ugm.ac.id/aw/Plagiat.doc

www.wikipedia.org


27 Responses to “Plagiarisme dan Korupsi yang Berakibat Buruk bagi Masa Depan Indonesia”

  1. 1
    mercurial vapor viii mercurial vapor viii Said: @8:08 pm 

    I’m impressed, I need to say. Actually rarely do I encounter a weblog that’s both educative and entertaining, and let me tell you, you might have hit the nail on the head. Your thought is outstanding; the issue is one thing that not enough people are talking intelligently about. I’m very blissful that I stumbled throughout this in my search for one thing referring to this.

  2. 2
    soccer shoes nike soccer shoes nike Said: @3:42 am 

    After I initially commented I clicked the -Notify me when new feedback are added- checkbox and now each time a comment is added I get 4 emails with the same comment. Is there any method you possibly can take away me from that service? Thanks!

  3. 3
    puma soccer shoes puma soccer shoes Said: @1:10 am 

    There are actually a number of particulars like that to take into consideration. That is a great level to convey up. I provide the ideas above as basic inspiration but clearly there are questions just like the one you bring up where crucial factor might be working in honest good faith. I don?t know if best practices have emerged round things like that, however I’m positive that your job is clearly recognized as a good game. Both girls and boys really feel the affect of only a moment’s pleasure, for the remainder of their lives.

  4. 4
    scrapebox blasts scrapebox blasts Said: @8:47 am 

    I’d need to check with you here. Which is not one thing I often do! I get pleasure from reading a put up that will make individuals think. Additionally, thanks for permitting me to remark!

  5. 5
    public records people search free public records people search free Said: @5:26 pm 

    I really like your writing style, superb info ,
    appreciate it for posting : D.

  6. 6
    Search Engine Marketing Search Engine Marketing Said: @6:39 pm 

    Thanks for the sensible critique. Me & my neighbor were just preparing to do a little research on this. We got a grab a book from our area library but I think I learned more clear from this post. I am very glad to see such wonderful info being shared freely out there.

  7. 7
    down with down with Trackbacked With: @1:47 am 

    victoria secret coupons in mail…

    FREE Getaway Bag at Victoria’s Secret http://t.co/afsDdpHsjU #Freebies #VictoriasSecret #Beauty…

  8. 8
    albanix albanix Trackbacked With: @9:20 pm 

    victoria secret coupon code free lip gloss…

    I have so many free underwear coupons at Victoria’s Secret I need to use…

  9. 9
    Online Auctions Online Auctions Said: @11:15 am 

    very nice submit, i definitely love this website, keep on it

  10. 10
    reverse cell phone lookup service reviews reverse cell phone lookup service reviews Said: @6:29 pm 

    This is mostly a useful post, on the other hand I was wondering how do I suscribe to that the RSS feed?

  11. 11
    Serina Frison Serina Frison Said: @6:37 pm 

    There is clearly a bunch to recognize on the subject of this. I imagine you ended a number of clear points in skin texture also.

  12. 12
    Tony Rich Tony Rich Said: @6:56 pm 

    certainly like your web-site but you have to check the spelling on quite a few of your posts. A number of them are rife with spelling problems and I find it very troublesome to tell the truth nevertheless I’ll certainly come back again.

  13. 13
    Cool blogs of 2013 Cool blogs of 2013 Said: @2:15 am 

    Hey! I just wish to give an enormous thumbs up for the nice data you might have here on this post. I will probably be coming again to your blog for more soon.

  14. 14
    Cool blogs of 2013 Cool blogs of 2013 Said: @2:48 pm 

    I am very happy to read this. This is the kind of manual that needs to be given and not the accidental misinformation that’s at the other blogs. Appreciate your sharing this best doc.

  15. 15
    Tom Clayton Tom Clayton Said: @4:27 pm 

    I think this is one of the most significant information for me. And i’m glad reading your article. But should remark on some general things, The website style is perfect, the articles is really nice : D. Good job, cheers

  16. 16
    SEO SEO Said: @5:49 pm 

    Your house is valueble for me. Thanks!…

  17. 17
    leamminuema leamminuema Said: @9:18 pm 

    shoe lifts for men and ladies are sold in all sizes and inside a wide selection of heights

    Click

  18. 18
    Jimmy Gell Jimmy Gell Said: @4:59 am 

    I used to be recommended this web site via my cousin. I’m now not positive whether or not this publish is written through him as nobody else understand such targeted approximately my problem. You’re incredible! Thanks!

  19. 19
    Hi Bloggers Hi Bloggers Said: @8:30 am 

    This is very interesting, You are a very skilled blogger. I’ve joined your rss feed and look forward to seeking more of your magnificent post. Also, I’ve shared your website in my social networks!

  20. 20
    cell phone lookup cell phone lookup Said: @9:30 am 

    That the post is absolutely fantastic! Many great information and inspiration, both of which we all need!
    Also for instance to admire the time and effort
    you put into your site and detailed information you present!
    I will bookmark your blog!

  21. 21
    payday loans payday loans Said: @10:13 am 

    It’s best to participate in a contest for among the best blogs on the web. I’ll advocate this website!

  22. 22
    payday loans payday loans Said: @11:20 am 

    whoah this blog is fantastic i love reading your articles. Keep up the good work! You know, lots of people are searching around for this info, you could help them greatly.

  23. 23
    payday loans payday loans Said: @12:13 pm 

    I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get got an nervousness over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly a lot often inside case you shield this increase.

  24. 24
    payday loans payday loans Said: @1:07 pm 

    Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You clearly know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your site when you could be giving us something enlightening to read?

  25. 25
    Cast protector Cast protector Said: @2:05 pm 

    Aw, this was a very nice post. In idea I wish to put in writing like this additionally – taking time and precise effort to make a very good article… but what can I say… I procrastinate alot and by no means seem to get something done.

  26. 26
    SEO SEO Said: @3:03 pm 

    Thank you for any other great article. Where else may anybody get that kind of info in such an ideal method of writing? I’ve a presentation subsequent week, and I am on the look for such information.

  27. 27
    Summers Dating Summers Dating Said: @4:02 pm 

    Usually I do not learn article on blogs, however I wish to say that this write-up very pressured me to take a look at and do so! Your writing taste has been amazed me. Thank you, very great post.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment